DAMPAK IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2015 TERHADAP KUALITAS PROSES PELATIHAN DI PUNDU LEARNING ACADEMY

Teguh Adi Wibowo, Purwadi Purwadi, Fahmi W. Kifli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) dampak atau pengaruh implementasi ISO 9001 terhadap kualitas proses pelatihan reguler di Pundu Learning Academy dan (2) implementasi prinsip ISO 9001 di Pundu Learning Academy. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh lulusan pelatihan reguler di Pundu Learning Academy. Pelatihan Reguler adalah pelatihan bagi calon asisten, mandor, operator dan admin/ kerani. Teknik penentuan sampel mengacu kepada Rumus Slovin dengan derajat kesalahan 6,84%. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Jumlah sampel adalah 185 orang. Data primer dikumpulkan dengan menggunakan instrumen kuisioner google form, sedangkan data sekunder yang digunakan adalah dokumen dan rekaman ISO 9001 serta Laporan Pundu Learning Academy dan Bumitama Corporate University Department. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Penelitian ini menggunakan 5 kategori Skala Likert yaitu sangat baik, baik, cukup, kurang dan tidak baik. Hasil penelitian ini adalah: (1) Implementasi ISO 9001:2008 berpengaruh sangat kuat terhadap kualitas proses pelatihan reguler; (2) Implementasi ISO 9001:2015 berpengaruh sangat kuat terhadap kualitas proses pelatihan reguler; (3) Prinsip ISO 9001:2008 yang diimplementasikan terbaik oleh Pundu Learning Academy adalah Prinsip “Continual Improvement”, sedangkan prinsip ISO 9001:2008 yang diimplementasikan terburuk adalah Prinsip “Process Approach”; (3) Prinsip ISO 9001:2015 yang diimplementasikan terbaik oleh Pundu Learning Academy adalah Prinsip ”Leadership”, sedangkan prinsip ISO 9001:2015 yang diimplementasikan terburuk adalah Prinsip “Process Approach”. Kata kunci: Sistem Manajemen Mutu, ISO 9001, ISO 9001:2015, ISO 9001:2008, Kualitas Proses Pelatihan

Full Text:

PDF