STUDI KOMPARATIF PENENTUAN HARGA TBS DI TENGKULAK DAN KOPERASI DI DESA TANJUNG SAWIT, KABUPATEN KAMPAR

Agung Prastya, Tri Endar Suswatiningsih, Istiti Purwandari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses penentuan harga TBS di Tengkulak dan Koperasi, untuk mengetahu faktor-faktor yang menentukan tinggi rendahnya harga TBS di Tengkulak dan Koperasi, untuk mengetahui keuntungan dan kerugian petani kelapa sawit yang menjual TBS melalui Tengkulak atau Koperasi serta untuk mengetahui kendala apa yang dihadapi dalam pemasaran TBS.

Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Penentuan daerah penelitian ini dilakukan secara purposive. Petani yang di ambil sebanyak 20. Petani koperasi menggunakan  Simpel Random Sampling dan petani Tengkulak menggunakan accidental sampling. Dalam penentuan sampel tengkulak dan koperasi menggunakan sensus. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penentuan harga di Tengkulak dan Koperasi yaitu dengan cara harga patokan PKS dikurangkan dengan beban (biaya) dan keuntungan Tengkulak  dan Koperasi. Selisih harga yang di terima petani yang menjual ke koperasi dan tengkulak pada saat penelitian sebesar 15 Rp/Kg.  

Kata Kunci : Harga TBS, Koperasi, Tengkulak.


Full Text:

PDF