PEMASARAN GULA PADA PG. MADUKISMO
Abstract
Strategi pemasaran merupakan hal yang penting bagi perusahaan dengan semakin banyaknya pesaing yang bergerak dibidang yang sama maka PG. Madukismo perlu menerapkan strategi pemasaran dalam memasarkan produknya serta untuk menhadapi para kompetitor sehingga produk dari PG. Madukismo tetap bertahan dipasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pemasaran dan perencanaan strategi pemasaran yang dilakukan oleh PG. Madukismo dalam memasarkan produknya. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis lingkungan internal dan eksternal dengan menggunakan analisa SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PG. Madukismo menetapkan “MK” sebagai merk produk gula yang akan dipasarkan dengan tujuan untuk membedakan produk PG. Madukismo dengan produk gula lainnya serta agar mudah diingat oleh konsumen karena MK merupakan singkatan dari nama pabrik gula tersebut. Saluran pemasaran gula curah PG. Madukismo melalui 2 tahap yaitu dari PG. Madukismo ke distributor, dan dari distributor ke pengecer. Sedangkan untuk penjualan gula merk MK melalui 1 tahap yaitu PG. Madukismo menyalurkan langsung kepada pengecer. Kinerja pemasaran PG. Madukismo dalam melakukan pemasaran gula yaitu volume penjualan gula pada tahun 2016 sebesar 21.312.058 Kg dan 2017 sebesar 40.094.974 Kg sedangkan nilai penjualan pada tahun 2016 sebesar Rp 246.726.801.825,- dan pada tahun 2017 sebesar Rp 416.567.190.300,- kemudian terdapat penurunan produksi pada tahun 2017 dan kenaikan penjualan pada tahun 2017.
Kata kunci : Pemasaran Gula