KONTRIBUSI USAHATANI CARICA (Carica pubescens) TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA PETANI (Studi Kasus di Desa Patakbanteng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Propinsi Jawa Tengah)

Yulita Amelia, Fitri Kurniawati, Arum Ambarsari

Abstract


Penelitian ini disusun berdasarkan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi usahatani carica terhadap pendapatan rumah tangga petani. Metode dasar penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Penelitian dilakukan di Desa Patakbanteng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Propinsi Jawa Tengah. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode snowball sampling, di mana jumlah sampel petani yang diambil adalah sebanyak 30 petani responden. Data yang diambil berupa data primer dan data sekunder dengan teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa usahatani carica memberikan kontribusi yang rendah yaitu, 14% dengan pendapatan usahatani sebesar  Rp14.944.026,35/tahun. Kontribusi rendah lainnya berasal dari non usahatani, yaitu 11% dengan pendapatan sebesar Rp11.620.000,00/tahun. Pendapatan yang memberikan kontribusi tinggi dalam rumah tangga petani adalah kontribusi dari usahatani non carica, yaitu 75% dengan pendapatan sebesar Rp79.339.582,33/tahun.

 

Kata kunci: usahatani carica, kontribusi pendapatan, pendapatan rumah tangga petani.


Full Text:

PDF