PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP AGROWISATA SALATIGA DI KABUPATEN SEMARANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Persepsi masyarakat terhadap Agrowisata Salatiga. 2). Upaya yang dilakukan perusahaan untuk membina hubungan baik dengan masyarakat di sekitar Agrowisata Salatiga. Metode dasar yang digunakan adalah metode deskriptif. Penentuan lokasi menggunakan metode studi kasus di Agrowisata Salatiga, Kabupaten Semarang. Sampel yang diambil 30 orang yaitu masyarakat sekitar agrowisata dengan kriteria masyarakat yang sudah berkeluarga dan dengan jarak dengan agrowisata 0,5-1 km. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Snowball Sampling. Prosedur pengambilan dan pengumpulan data dilakukan melalui tahap observasi, wawancara, dan pencatatan. Data yang diambil yaitu data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1). Persepsi masyarakat sekitar Agrowisata Salatiga dari faktor internal dan faktor eksternal juga dari sisi ekonomi, sosial, dan lingkungan adalah baik. 2). Upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk menjalin hubungan baik dengan masyarakat sekitar agrowisata adalah dengan melakukan kegiatan sosial dan juga kegiatan keagamaan.
Kata kunci : Persepsi, Masyarakat, Agrowisata