PEMASARAN BUAH JERUK DI KECAMATAN SILIMAKUTA KABUPATEN SIMALUNGUN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran pemasaran yang ada di Kecamatan Silimakuta, Kabupaten Simalungun, mengetahui biaya pemasaran, margin pemasaran, serta keuntungan pemasaran, dan farmer’s share Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran. Saluran pemasaran I adalah Petani-Pedagang Pengecer Kecamatan-Konsumen Kecamatan. Saluran II adalah Petani-Pedagang Besar Kabupaten-Pedagang Pengecer Jakarta- Konsumen Jakarta. Saluran pemasaran III adalah Petani- Pengumpul Kecamatan- Pedagang Besar Kabupaten-Pedagang Pengecer Batam-Konsumen Batam. Metode yang dilakukan untuk pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara, dan pencatatan data yang diperoleh dari kuisioner yang diajukan kepada pihak responden.
Efisiensi Pemsaran yang paling efisien ada pada saluran I yang memiliki total biaya pemasaran Rp 1.453,00/kg, marjin pemasarannya Rp 5.485,1/kg dan keuntungan pemasaran Rp 25,741,00/Rpkg. Saluran pemasaran I adalah saluran pemasaran jeruk manis yang paling efisien karena mempunyai mempunyai nilai farmer’s share tertinggi yaitu untuk grade buah C = 69,2 %, buah B = 64,2 %, buh AB = 60%,
Kata Kunci : Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Efisiensi Pemasaran.