ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN AGROWISATA ( STUDI KASUS DI WISATA AGRO TAMBI PT PERKEBUNAN TAMBI WONOSOBO )

Bayu Lestari, Danang Manumono, Arum Ambarsari

Abstract


Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Wisata Agro PT Perkebunan Teh Tambi Wonosobo. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Lokasi dalam penelitian ini ditentukan  menggunakan metode studi kasus di Wisata Agro Kebun Teh Tambi Wonosobo, Desa Tambi, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.  Sampel yang diambil sebanyak 30 responden menggunakan cara purposive sampling dengan pertimbangan bahwa responden pada penelitian ini adalah orang yang pernah berkunjung dan menginap di Wisata Agro Kebun Teh Tambi Wonosobo. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis regresi linier berganda.Kesimpulan dari penelitian menyebutkan bahwa variabel independen yang berpengaruh nyata terhadap kepuasan konsumen adalah bukti fisik dan ketanggapan. Variabel bukti fisik berpengaruh nyata dan bernilai positif terhadap kepuasan konsumen, hal ini menunjukan jika bukti fisik mengalami peningkatan maka kepuasan konsumen juga akan mengalami peningkatan. Variabel ketanggapan berpengaruh nyata dan bernilai negatif terhadap kepuasan konsumen, hal ini menunjukan jika ketanggapan mengalami peningkatan maka kepuasan konsumen akan mengalami penurunan. Variabel independen lain yang meliputi kehandalan, jaminan, dan empati tidak berpengaruh nyata terhadap kepuasan konsumen. Meskipun tidak berpengaruh nyata terhadap kepuasan konsumen, namun variabel kehandalan, jaminan, dan empati mempunyai rerata penilaian yang baik dari pengunjung Wisata Agro Kebun Teh Tambi Wonosobo.

 

Kata kunci : wisata agro, kepuasan konsumen, kualitas pelayanan.


Full Text:

PDF