PENGARUH CAMPURAN MEDIA TANAM DAN FREKUENSI PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY

Rio Nurul Fadhillah, Candra Ginting, Achmad Himawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh macam campuran media tanam Kompos Tandan Kosong Kelapa sawit dan Kompos Mucuna Bracteata dan frekuensi penyiraman terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian telah dilaksanakan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Institut Pertanian Stiper Yogyakarta pada 09 april – 16 juli 2016. Penelitian ini menggunakan rancangan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (Completely Randomized Design) yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama adalah pengaruh campuran media tanam  yang terdiri dari 5 aras, yaitu : T0 = Tanpa campuran media, T1 = Tanah + NPK Mg 1 g, T2 = Tanah regosol + Kompos tandan kosong Kelapa Sawit + Kompos Mucuna bracteata 1 : 1 : 1 , T3 = Tanah Regosol + Kompos Tandan Kosong Kelapa Sawit + Kompos Mucuna bracteata 1 : 1 : 2, T4 = Tanah regosol + Kompos tandan Kosong Kelapa Sawit + Kompos Mucuna bracteata 1 : 2 : 1 . Faktor kedua adalah frekuensi penyiraman kelapa sawit yang terdiri dari 3 aras, yaitu : F1 = 1 kali sehari (pagi), F2 = 2 kali  sehari (Pagi dan Sore), F3 = 3 kali sehari (Pagi, Siang, Sore). Untuk mengetahui perbedaan antar perlakuan dilakukan pengujian dengan menggunakan Analysis Of variance (Anova) dengan jenjang nyata 5% apabila ada beda nyata maka dilanjutkan dengan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) dengan jenjang nyata 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa campuran media tanam dan frekuensi penyiraman tidak menunjukkan interaksi nyata terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Campuran media tanam T3 = Tanah Regosol + kompos   tandan kosong kelapa sawit + Kompos Mucuna bracteata 1 : 1 : 2 memberikan pengaruh yang terbaik terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit sedangkan frekuensi penyiraman juga memberikan pengaruh yang sama baiknya.

Kata kunci : Bibit kelapa sawit, campuran media tanam, dan frekuensi penyiraman.


Full Text:

PDF