PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis program CSR perkebunan kelapa sawit, bentuk bantuan program CSR dan untuk mengetahui respon masyarakat perkebunan terhadap progam CSR. Metode dasar dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu analisis suatu penelitian yang memusatkan diri pada pemecahan masalah-masalah yang ada dimasa sekarang, dimana data dikumpulkan, disusun, dijelaskan lalu kemudian dianalisa. Metode deskriptif ini dilakukan dengan jalan mengumpulkan data, menyusun, menganalisa dan kemudian dilakukan pengambilan kesimpulan. Data penelitian yang diambil adalah data primer dan sekunder. Data primer diambil melalui wawancara responden, sedangkan data sekunder diambil berupa catatan atau laporan historis selama dua tahun terakhir yang berhubungan dengan penerapan CSR. Hasil penelitian diperoleh bahwa program CSR yang ada diperkebunan kelapa sawit meliputi program pemberdayaan ekonomi masyarakat, program penyelenggaraan kegiatan bersama, program sponsorship, program komunikasi, program pendidikan, program sosial budaya, program keagamaan, program lingkungan hidup, bentuk bantuan yang diberikan bantuan fisik dan dana, dan respon masyarakat dalam perkebunan terhadap program sosial budaya Respon masyarakat dalam perkebunan terhadap program sosial budaya 65% sangat baik, Kesehatan masyarakat 47,5% baik, pendidikan 71% sangat baik dan pemberdayaan ekonomi masyarakat 68% baik dan Respon masyarakat luar perkebunan terhadap program sosial budaya 60% sangat baik, kesehatan masyarakat 53% baik, pendidikan 34% kurang baik dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, 60% sangat baik.
Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Perkebunan Kelapa Sawit.